Lady Gaga Membela Kaum Lesbian, Gay, Biseksual dan Transgender (LGBT)

Lady Gaga memiliki banyak atribut keberhasilan awal sebagai artis mainstream untuk penggemar gay-nya dan dianggap sebagai ikon gay. Pada awal karirnya ia kesulitan mendapatkan penyiaran radio, dan menyatakan, “Titik balik bagi saya adalah masyarakat gay. Aku punya begitu banyak penggemar gay dan mereka begitu setia kepada saya dan mereka benar-benar mengangkat saya. Mereka selalu akan berdiri oleh saya dan saya akan selalu berdiri di samping mereka. Ini bukan hal yang mudah untuk membuat fanbase.” Dia mengucapkan terima kasih kepada FlyLife, sebuah perusahaan pemasaran Manhattan yang berbasis LGBT dimana label Interscope bekerja, dalam catatan kredit album The Fame, mengatakan, “Saya sangat mencintai kalian. Kalian adalah detak jantung pertama dalam proyek ini, dan dukungan dan kecemerlangan berarti bagi saya, saya akan selalu berjuang untuk tangan komunitas gay dengan tangan saya dan dengan tim yang luar biasa.” Salah satu pertunjukan televisi pertamanya adalah pada Mei 2008 di NewNowNext Awards, sebuah acara penghargaan ditayangkan oleh televisi jaringan LGBT Logo, di mana dia menyanyikan lagunya “Just Dance”. Pada bulan Juni tahun yang sama, dia menampilkan kembali lagu di acara San Francisco Pride.

lady gaga membela lesbian gay

pidato lady gaga

Setelah The Fame dirilis, ia mengungkapkan bahwa lagu “Poker Face” adalah tentang biseksualitas nya. Dalam sebuah wawancara dengan Rolling Stone, dia berbicara tentang bagaimana pacarnya cenderung bereaksi terhadap biseksualitas, mengatakan “Fakta bahwa aku menjadi wanita, mereka semua terintimidasi oleh itu. Itu membuat mereka tidak nyaman. Mereka seperti, ‘Saya tidak perlu memiliki cinta. Saya hanya senang dengan kau’.” Ketika dia muncul sebagai tamu di The Ellen DeGeneres Show pada Mei 2009, ia memuji DeGeneres untuk menjadi “sebuah inspirasi bagi perempuan dan untuk komunitas gay”. Ia menyatakan bahwa 11 Oktober 2009, National Equality March di mal nasional adalah “peristiwa paling penting dalam karirnya.” Saat ia keluar, ia meninggalkan dengan gembira seraya berkata “Tuhan memberkati dan memberkati para gay”, serupa dengan 2009 MTV Video Music Awards untuk penerimaan Artis Baru Terbaik bulan sebelumnya. Pada Human Rights Campaign Dinner, diadakan pada akhir pekan yang sama dengan rapat umum, ia melakukan cover John Lennon “Imagine” menyatakan bahwa “Aku tidak akan [bermain] salah satu lagu saya malam ini karena malam ini bukan tentangku, itu tentang kamu.” Dia mengubah lirik asli lagu untuk mencerminkan kematian Matthew Shepard, seorang mahasiswa dibunuh karena seksualitasnya.

Lady Gaga menghadiri 2010 MTV Video Music Awards didampingi oleh empat anggota Angkatan Bersenjata Amerika Serikat (Mike Almy, David Hall, Katie Miller dan Stacy Vasquez). Semuanya, di bawah kebijakan militer AS “Don’t ask, don’t tell” (DADT), telah dilarang bekerja secara terbuka karena seksualitas mereka. Selain itu, Lady Gaga mengenakan gaun dibuat dari daging hewan yang mati saat penerimaan penghargaan. Lady Gaga berharap bahwa gaun tersebut, lebih luas dikenal sebagai “gaun daging”, ditafsirkan sebagai pernyataan hak asasi manusia dengan fokus pada orang-orang dalam komunitas LGBT menambahkan bahwa “Jika kita tidak berdiri untuk apa yang kita yakini dan jika kita tidak berjuang untuk hak-hak kita, segera kita akan memiliki hak sebanyak daging di tulang kita sendiri.” Dia kemudian merilis tiga video YouTube untuk mendesak penggemarnya menghubungi Senator mereka dalam upaya untuk membatalkan kebijakan tersebut. Pada akhir September 2010, dia berbicara di rapat umum Servicemembers Legal Defense Network, “4the14K” di Deering Oaks Park di Portland, Maine. Hasil rapat umum menandakan jumlah-diperkirakan-sekitar 14.000 anggota dikeluarkan di bawah kebijakan DADT pada saat itu. Selama sambutannya, ia mendesak anggota Senat AS (dan khususnya, senator Republik dari Maine moderat, Olympia Snowe dan Susan Collins) untuk memilih mendukung undang-undang yang akan mencabut kebijakan DADT. Setelah acara tersebut, editor dari The Advocate berkomentar bahwa ia telah menjadi “pembela sengit nyata” untuk kaum gay dan lesbian, yang Barack Obama telah janjikan.

Lady Gaga baru-baru ini muncul di Europride, acara pan-Eropa internasional yang didedikasikan untuk masyarakat LGBT, diselenggarakan di Roma pada bulan Juni 2011. Dalam pidato hampir dua puluh menit, dia mengkritik ketidak-toleran negara terhadap hak-hak gay di banyak negara Eropa dan menggambarkan homoseksual sebagai “revolusioner cinta” sebelum melakukan persembahan akustik “Born This Way” dan “The Edge of Glory” di depan ribuan orang di Circus Maximus. Dia menyatakan bahwa “Hari ini dan setiap hari kita memperjuangkan kebebasan. Kita berjuang untuk keadilan. Kita memanggilnya untuk belas kasih, mencoba pengertian dan di atas semua yang kita inginkan kita berada dalam kesetaraan penuh sekarang.” Lady Gaga mengungkapkan bahwa ia sering mempertanyakan mengapa dia mendedikasikan dirinya untuk “pidato gay” dan “bagaimana gay”-nya dia, dia mengatakan: “Mengapa pertanyaan ini, mengapa masalah ini begitu penting? Jawaban saya adalah: Saya anak keanekaragaman, saya satu dengan generasi saya, saya merasakan sebuah kewajiban moral sebagai wanita, atau seorang pria, untuk melatih potensi revolusioner saya dan membuat dunia tempat yang lebih baik.” Dia kemudian bercanda: “Pada skala gay dari 1 sampai 10, saya seorang Judy Garland dengan skala 42.”

Sumber : Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Tulisan ini dipublikasikan di Lady Gaga dan tag , , , , , , , , , , , , , , , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan