Pembengkakan Prostat – Tanya-Jawab Sex Dokter Boyke

Konsultasi Dokter: Pembengkakan Prostat

Saya adalah laki-laki berusia 39 tahun, menikah dan punya tiga orang anak yang masih kecil-kecil. Dokter, dua tahun terakhir ini saya menderita sakit yang tak kunjung sembuh pada alat reproduksi saya. Setelah dilakukan pemeriksaan dubur, USG dan urin lengkap, diketahui saya mengalami pembengkakan prostat.

  1. Apakah yang sebaiknya saya lakukan?
  2. Apakah pembengkakan tersebut bisa disembuhkan?
  3. Adakah pantangan makanan tertentu yang saya harus hindarkan agar penyakit tersebut tidak kambuh?
  4. Sebenarnya apa yang menjadi penyebab terjadinya pembengkakan prostat?
  5. Apakah penyakit tersebut bersifat genetika atau lebih terkait dengan gaya hidup?

Saya takut anak laki-laki saya akan mengalami hal serupa. Tetapi sepanjang yang saya tahu, ayah saya tidak pernah mengalami penyakit semacam itu.

Bpk RF – Jakarta

Jawaban Dokter Boyke:

dokter boyke pembengkakan prostat

dr.Boyke Dian Nugraha, SpOg

Pembengkakan prostat atau hipertropi prostat sampai saat ini penyebabnya tidak diketahui dengan pasti, biasanya pembengkakan prostat terjadi pada laki-laki di atas 50 tahun. Prostat yang besarnya sebesar kacang mete dapat berkembang menjadi segede bola pingpong bahkan lebih.

Faktor-faktor risiko yang menimbulkan pembengkakan prostat berkaitan dengan pola makan yang terlalu banyak lemak, merokok dan kurangnya frekuensi hubungan seks dengan pasangan.  Sepuluh persen dari penderita hipertropi prostat memerlukan tindakan operasi karena mereka mengalami kesulitan buang air.

Yang ditakutkan adalah pembengkakan prostat disebabkan kanker prostat, jika pada pemeriksaan dinyatakan kanker, biasanya kelenjar prostat akan diangkat. Kanker prostat sangat dipengaruhi oleh hormon testoteron, sehingga untuk menghentikan penyebaran kanker biasanya dokter melakukan kastrasi (pengangkatan testis).

Akibatnya laki-laki tersebut mengalami penurunan/hilangnya kemampuan seks. Penyakit prostat tidak diturunkan, namun coba anjurkan pada anak laki-laki Anda untuk mengikuti pola hidup sehat sejak kecil, banyak makan sayuran, tidak merokok dan setelah menikah kelak agar melakukan hubungan seks dengan istri sesering mungkin.

Sumber : Suara Karya – Kumpulan Konsultasi SEKS dr Boyke

Tulisan ini dipublikasikan di Konsultasi Dokter Boyke dan tag , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan