Sering Keputihan – Tanya-Jawab Seksologi dr.Boyke

Konsultasi Dokter: Sering Keputihan

Saya perempuan berumur 22 thn dan sudah menikah selama 1 tahun. Waktu kami masih bertunangan, saya pernah dikuret kemudian memakai alat kontrasepsi spiral selama 1 tahun. Sekarang saya sudah tidak lagi pakai spiral karena sering infeksi dan menyebabkan keputihan.

Sampai sekarang ini saya sering keputihan, pernah kondisinya sampai berbau tak sedap. Kata dokter kandungan itu karena infeksi. Setelah berobat dan sembuh, kenapa keputihan itu muncul meski tidak sampai berbau, sedikit dan tidak gatal. Saya sudah mencoba berbagai macam obat, tetapi kok tidak kunjung sembuh.

Pertanyaannya, kenapa saya sering keputihan, meski tidak berbau busuk – persis bau bawang merah- tidak gatal, banyak dan berwarna kuning? Sudah hampir 2 tahun ini, saya terus keputihan, hingga rasanya capek karena harus bolak balik ke dokter. Dengan kondisi ini, apakah saya masih bisa punya anak?

Keluhan lainnya adalah rahim sebelah kiri saya sering sakit, hingga terasa pegal sampai kaki, ada apa ya dokter? Saya harus bagaimana, apakah dengan pemeriksaan dalam melalui pap smear segala sesuatu dapat diketahui dengan jelas atau tetap membutuhkan tes laboratorium?

Ibu B – Pejaten Barat, Jakarta Selatan

Jawaban Dokter Boyke:

dokter boyke keputihan

dr.Boyke Dian Nugraha, SpOg

Keputihan merupakan hal yang alami (bukan penyakit), biasanya tidak berwarna, tidak gatal dan tidak bau, khususnya terjadi pada perempuan yang dalam keadaan subur (pertengahan siklus haid), perempuan terangsang dan sedang hamil.

Namun, keputihan patologis yang disebabkan oleh penyakit terjadi karena kelainan organ reproduksi (myoma dan erosi) atau infeksi (penyakit kelamin dan jamur), alergi dan adanya benda asing (spiral).

Coba konsultasikan masalah ini ke dokter kandungan, karena yang ibu alami merupakan keputihan penyakit (patogen) dan harus diobati sesuai dengan penyebabnya. Jika keputihan sudah sembuh, masih mungkin punya anak. Penyakit ibu kemungkinan ada infeksi di saluran telur (adnexitis).

Sumber : Suara Karya – Kumpulan Konsultasi SEKS dr Boyke

Produk-2 rekomendasi RESMI dan LEGAL dari BOYKE DIAN NUGRAHA

Klik salah satu produk yang Anda butuhkan di bawah ini :

FOREDI untuk mengatasi ejakulasi dini

TISU DOUBLE MAJAKANI untuk mengatasi keputihan, bau tak sedap, jamur, dsb.

LADYFEM untuk mengatasi nyeri haid, menormalkan siklus haid, dsb.

ORIS BREAST CREAM yaitu krim untuk mengencangkan payudara

FIFORLIF untuk membuang lemak, membersihkan usus dan menurunkan berat badan

Video pernyataan langsung BOYKE (Pakar Kesehatan Reproduksi)

Tulisan ini dipublikasikan di Konsultasi Dokter Boyke. Tandai permalink.

5 Respon untuk Sering Keputihan – Tanya-Jawab Seksologi dr.Boyke

  1. lina berkata:

    Sy wanita umur 23 thn,sy sudah menikah slama 3 tahun.sy sdang mngalami kputihan.bberapa tahun lalu sbelum sy mnikah peranakan sy pernah infeksi.dr situ sy mulai keputihan.tp sudah hilang.engga tau kenapa beberapa minggu ini keputihan trsebut datang kmbali.keputihan yg bRlebihan tp tidak bau.
    Prtanyaan sy:apa yg mnyebabkan keputihan itu dok?dan apakah sy msih bisa punya anak sedangkan dulu peranakan sy sempat infeksi.
    Mohon jwaban ny.trimakasih

    • FITRI berkata:

      saya fitri usia 21 thun.sya bru menikah 2 blan.saya sedang mengalami keputihan sejak 1.5 thun yg lalu.saya sdah priksa k dokter cma dksih obat tp tak kunjung sembuh.keputihannya banyak agak berwarna krim(putih tulang) agk berbau tp tdk gatal.awal berhubungan badan dg suami,ktika suami mengeluarkan sperma,d batang penisx terdpat putih2 kental.mnrut kami itu kputihan sya.sya jg sring memasukkan jari sya k vagina untuk mengeluarkan keputihan sya itu.tpi lma kelama2an wktu kmi melkukan hub bdan lge.entah knpa ktika suami sya mengeluarkan spermax d dlem dan menarikx dri vagina sya tiba2 mengeluarkan cairan berwrna merah spt darah.
      pertanayanx knpa bsa mgeluarkan darah y dok??
      kira2 it berbahaya g y dok?dan apkah kmi msih bsa punya anak??
      mohon penjelasannya y dok.terima kasih!

  2. nita malik berkata:

    saya seorng wanita brusia 22thn sdh mnkah slma 3 thn..stlh mlhir’kn brselang 5bln(tdak KB jd gk prnh psang alat spiral) saya mengalami kputihan awal’ny saya pkir kcapekan tp lma”kq ngrsa aneh hmpir tiap hri mengalmi kputhan kdang brbentuk sprti jell agk berbau,kdang jg cairan yg bkin clna dlm sring bsah,,dh hmpir 1 thn’an q ngrsaen tu q brsih’in pke produk”yg djual dsupemarket tp gk knjung sembuh mlh tmbh parah..q dah mlai kbngungan cra mngtasi lg dh prnh q coba pke obt tradisional(suruh d rebus)msh ja kputhan…knp y sya sllu kputhan pdhal aktiftas jg gk trllu capek,,bagaimna cra mngtasi smua tu??sya tkut klow lma”kputhan kena kanker??
    tlong yaa dok dksh pnjlasan n saran???terimakasih

  3. Mrs. D berkata:

    Saya wanita umur 23 tahun sudah menikah dan melahirkan. Sekarang saya mengalami keputihan yg sangat banyak, berbau dan gatal. Saya mengalami ini sudah 1 tahun. Sewaktu sma saya juga pernah mengalami ini tapi sudah sembuh dan sekarang muncul lagi. Saya sudah pernah papsmear kata dokter nya keputihan nya banyak sekali, tapi belum sempet diambil sample krn saya nggakuat nahan sakit nya dan akhirnya ngga jadi. Saya takut sekali apa yg harus saya lakukan?

  4. sri berkata:

    Umur saya 21 tahun sya sudah berumah tangga selama 3 tahun sudah 7 bulan terakhir ini saya mengalami keputihan berwarna putih berbau tdak gatal dan sakit padahal saya jarang berhubungan dengan suami saya karna kami hanya ketemunya 2 kali setahun,saya mau tanya dok apaka itu merupakan tanda penyakit dok saya takut konsultasi langsung ke dokter kandungan .

Tinggalkan Balasan