Sumbangan Lady Gaga untuk Kemanusiaan (Filantrofi)

Selain karir musiknya, Lady Gaga telah meningkatkan repertoar sebagai seorang dermawan yang telah memberikan kontribusi untuk berbagai kegiatan amal dan karya kemanusiaan. Meskipun menolak undangan untuk merekam sebuah lagu sumbangan, Lady Gaga menggelar konser The Monster Ball Tour setelah Gempa Haiti 2010 dan didedikasikan untuk dana bantuan rekontruksi negara. Konser ini, diadakan di Radio City Music Hall, New York, pada 24 Januari 2010, menyumbangkan pendapatan yang diterima untuk dana bantuan sementara, di samping itu, semua keuntungan dari penjualan produk di toko online resmi Lady Gaga pada hari yang sama disumbangkan.

lady gaga kemanusiaanLady Gaga mengumumkan bahwa perkiraan total sebesar $500.000 dikumpulkan untuk dana tersebut. Beberapa jam setelah gempa bumi dan Tsunami Tohoku 2011 melanda Jepang pada 11 Maret 2011, Lady Gaga mentweet sebuah pesan dan tautan untuk Japan Prayer Bracelet (Gelang Pendoa Jepang). Dengan perusahaan, ia merancang gelang, dengan semua pendapatan penjualan akan diberikan kepada Jepang. Gelang mengangkat $1,5 juta (per 29 Maret 2011). Tampil di acara amal MTV Jepang pada 25 Juni 2011 di Makuhari Messe, Lady Gaga muncul di acara bantuan Palang Merah Jepang yang membantu korban menderita pasca gempa dan tsunami. Namun, pengacara Alyson Oliver mengajukan gugatan terhadap Lady Gaga di Detroit pada Juni 2011, mencatat bahwa pajak penjualan dan biaya pengiriman tambahan sebesar $3,99 ditambahkan ke harga gelang. Dia juga percaya bahwa tidak semua hasil dari gelang akan pergi ke upaya bantuan, menuntut akuntansi publik kampanye dan pengembalian uang bagi orang-orang yang telah membeli gelang. Namun, juru bicara Lady Gaga menyatakan gugatan “tidak dapat dipercaya” dan “menyesatkan”.

Lady Gaga juga memberikan kontribusi dalam perang melawan HIV dan AIDS dengan fokus pada mendidik perempuan muda tentang risiko penyakit. Bekerja sama dengan Cyndi Lauper, Lady Gaga bergabung dengan MAC Cosmetics untuk meluncurkan garis lipstik di bawah garis tambahan kosmetik mereka, Viva Glam. Berjudul Viva Glam Lady Gaga dan Viva Glam Cyndi untuk setiap kontributor masing-masing, semua hasil bersih dari garis lipstik disumbangkan kepada kampanye perusahaan kosmetik untuk mencegah HIV dan AIDS di seluruh dunia. Dalam sebuah siaran pers, Lady Gaga menyatakan, “Aku tidak ingin Viva Glam hanya menjadi lipstik yang Anda beli untuk hanya membantu. Aku ingin lipstik ini menjadi pengingat ketika Anda pergi keluar di malam hari untuk menyimpan kondom di dompet Anda tepat di sebelah lipstik Anda.”

Dengan penampilan dari lagu dua bahasa “Americano” dari album kedua Born This Way (2011), Lady Gaga melompat ke perdebatan seputar SB 1070, undang-undang imigrasi Arizona. Dia perdana lagu untuk pertama kalinya di Guadalajara, Meksiko dan memilih menghentikan The Monster Ball Tour-nya di Meksiko dengan mengatakan kepada pers lokal bahwa dia tidak bisa “berdiri dalam banyak hukum imigrasi yang tidak adil” di Amerika Serikat.

Sumber : Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Tulisan ini dipublikasikan di Lady Gaga dan tag , , , , , , , , , , , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan