Sunat Laki-laki Dewasa – Tanya-Jawab Sex Dokter Boyke

Konsultasi Dokter: Sunat Laki-laki Dewasa

Dokter, saya lajang berusia 27 tahun yang bersiap akan melangsungkan pernikahan tahun depan. Satu pertanyaan yang selalu menghantui akhir-akhir ini adalah saya belum disunat. Calon pasangan belum tahu tentang masalah ini. Apakah perempuan tahu kalau pasangannya dikhitan atau tidak? Terlambatkah bila saya baru akan melakukannya sekarang?

Sebenarnya perlu tidak sunat itu? Bisa dijelaskan, manfaat dari sunat tidak saja pada hal-hal yang berhubungan dengan medis tetapi juga hubungan seksual nantinya. Apa yang akan terjadi bila saya tidak dikhitan? Apakah sama nikmatnya antara disunat dengan tidak disunat?

Dokter, bisa kasih informasi di mana saya bisa melakukan sunat, apakah ada klinik khusus. Saya dapat informasi dari teman kalau ada teknologi terbaru yaitu sunat cincin. Apakah keistimewaan dari sunat itu? Berapa hari untuk proses pemulihan dari sunat itu, baik metode biasa atau sunat cincin. Terima kasih atas perhatiannya.

BA – Surabaya

Jawaban Dokter Boyke:

dokter boyke sunat

dr.Boyke Dian Nugraha, SpOg

Sunat atau khitan merupakan tindakan pemotongan kulup (preputium) penis, sehingga kepala penis tidak tertutup kulit kemaluan. Tujuannya selain untuk memenuhi aspek ritual bagi kaum muslim juga agar penis bersih dari smegma yaitu cairan/kotoran yang dikeluarkan oleh kulit penutup penis tersebut.

Tentu saja, pasangan akan tahu bila Anda tidak dikhitan. Dari sisi hubungan seks, tidak ada bedanya kenikmatan seksual bagi pasangan yang dikhitan atau tidak, baik dari sisi kenikmatan maupun kemampuan seks.

Hanya saja bagi laki-laki yang tidak dikhitan, lebih rentan terkena kanker penis. Karena smegma yang tertinggal dapat merangsang timbulnya kanker. Khitan bisa dilakukan oleh dokter umum/bedah, di klinik atau di rumah sakit mana saja.

Tidak perlu merasa malu karena sudah dewasa baru dikhitan. Metode apapun boleh dilakukan, baik khitan konvensional, metode laser maupun metode cincin memerlukan waktu penyembuhan dan pemulihan yang kurang lebih sama.

Sumber : Suara Karya – Kumpulan Konsultasi SEKS dr Boyke

Tulisan ini dipublikasikan di Konsultasi Dokter Boyke dan tag , , , , , , . Tandai permalink.

5 Respon untuk Sunat Laki-laki Dewasa – Tanya-Jawab Sex Dokter Boyke

  1. Andi berkata:

    Dokter,
    Saya pria umur 27 tahun dan saya juga belum disunat.
    Sepertinya saya mengalami ejakulasi dini. Jika saya nantinya disunat, apakah hal ini bisa mengurangi sensitivitas penis saya saat berhubungan seks? Artinya lebih lama mencapai ejakulasi dalam berhubungan.

    Terima kasih.

  2. Mr. X berkata:

    Dokter Boyke Yth.,
    Saya seorang pria berusia 30 tahun dan belum menikah. Saat ini, saya sedang mempunyai “masalah” mengenai bentuk penis saya. Jika dalam keadaan ereksi, bentuknya agak bengkok (bend) ke arah kiri. Kondisi ini memang udah berlangsung agak lama. Beberapa artikel yang saya baca bahwa penis bengkok itu dinamakan Peyronie disertai adanya plak dan rasa sakit saat ereksi. Memang saya tidak merasakan sakit saat ereksi. Yang saya mau tanyakan :
    1. Kira-kira apa peyebab bisa terjadi demikian, Dok?
    1. Bagaimana mengatasi hal tersebut? Berdasarkan artikel yang saya baca, peyronie dapat diatasi dengan bedah langsung. Adakah cara lain (alami) untuk mengembalikan penis ke bentuk semula? Terus terang, terkadang saya kurang merasa nyaman dengan kondisi seperti itu.
    Terima kasih sebelumnya, Dok.

  3. amin berkata:

    saya seorang pria berusia 23th dan sama mau nikah tahun besok qu punya masalah dok . penis saya kecil qu dah di sunat sekitar umur 7th tpi kenpa penis saya g tambah umuran ya dok malah tambah kecil sekitar 4 cm kallo ereksi 7 cm ..
    solusinya gi mana ya dok qu binggung dok mau pake obat takut ada apa 2 mohon bantuannya ya dok …
    makasih …

  4. amin berkata:

    saya seorang pria berusia sekitar mau ke 24th . masalahnya ko ukuran penis saya tambah kecil aja ya dok makin lama penis saya makin kecil ukuran 4 cm itu kallo g ereki kallo ereki sekitar 7 apa 6 cm dan qu terkena ejakulasi dini dok sekitar kurang 1 menit qu dah keluar kallo di pegang darah sensitif ..
    obatnya apa ya dok dan solusinya gi mana ..
    maksih

  5. anto berkata:

    dok,sya umur 30,sdah sunat perbaikan,krena yg pertama kulup msih mnutup,nah skrg stelah sunat prbaikan kulit nempel di glands dan tak bsa ditarik k blkang,postifnya jdi tahan lama klo intercourse sma istri,tpi msih buruk dri sgi estetik,pa btuh khitan ulang ato gak usah yah?.

Tinggalkan Balasan