Tanya dr.Boyke – Sterilisasi di Usia Muda

Konsultasi Dokter: Sterilisasi di Usia Muda

Saya seorang ibu rumah tangga dengan dua anak berusia 5 tahun dan 1 tahun. Bulan depan, usia saya genap 31 tahun. Dok, rencananya saya dan suami hanya ingin memiliki dua anak. Tetapi, untuk menggunakan alat kontrasepsi, saya masih takut, soalnya saya mempunyai kelainan jantung bawaan. Apakah wanita seusia saya boleh disterilisasi?

Apakah sterilisasi ini berdampak pada hubungan seksual? Maksudnya, apa saya juga mudah mendapatkan orgasme seperti terjadi selama ini. Untuk suami, apakah ada bedanya antara perempuan yang telah steril dengan belum? Apakah sterilisasi ini hasilnya 100 persen mampu mencegah kehamilan? Hal apa saja yang membuat sterilisasi tidak berjalan sesuai dengan harapan, misalnya tiba-tiba saya hamil?

Saya tunggu jawaban secepatnya. Soalnya, saya saat ini tidak menggunakan alat kontrasepsi satu pun dan saya takut hamil lagi.

Ibu PI Jl Gelatik Desa Sawah Lama, Ciputat

Jawaban Dokter Boyke:

dokter boyke sterilisasi

dr.Boyke Dian Nugraha, SpOg

Sterilisasi adalah metode kontrasepsi permanent artinya kesuburan tidak bisa kembali lagi. Jika memang anda hanya merencanakan dua anak saja, tidak ada salahnya mengikuti kontrasepsi dengan cara steril.

Banyak mitos diseputar tindakan sterilisasi, seperti hilangnya gairah, tidak bisa orgasme dan lain-lain. Perlu diketahui bahwa pada tindakan sterilisasi sebenarnya merupakan tindakan tubektomi (pemotongan dan pengikatan saluran telur), sementara indung telur tidak diapa apakan, artinya fungsi indung telur sebagai penghasil hormon estrogen dan progesteron tidak terganggu.

Untuk itu wanita masih bisa mendapatkan gairah seks maupun orgasme sama dengan wanita yang tidak melakukan sterilisasi, keberhasilan mencegah kehamilan pada sterilisasi adalah hampir 100 persen.

Biasanya kesalahan sterilisasi adalah memotong dan mengikat ligamentum yang disangka sebagai tuba (saluran telur). Bisa saja terjadi penyambungan kembali saluran telur yang sudah dipotong dan diikat, namun hal tersebut sangat jarang terjadi. Jadi saya kira memilih sterilisasi untuk KB anda boleh saja dilakukan.

Sumber : Suara Karya – Kumpulan Konsultasi SEKS dr Boyke

Produk-2 rekomendasi RESMI dan LEGAL dari BOYKE DIAN NUGRAHA

Klik salah satu produk yang Anda butuhkan di bawah ini :

FOREDI untuk mengatasi ejakulasi dini

TISU DOUBLE MAJAKANI untuk mengatasi keputihan, bau tak sedap, jamur, dsb.

LADYFEM untuk mengatasi nyeri haid, menormalkan siklus haid, dsb.

ORIS BREAST CREAM yaitu krim untuk mengencangkan payudara

FIFORLIF untuk membuang lemak, membersihkan usus dan menurunkan berat badan

Video pernyataan langsung BOYKE (Pakar Kesehatan Reproduksi)

Tulisan ini dipublikasikan di Konsultasi Dokter Boyke dan tag , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan