Vagina Gatal – Tanya dr.Boyke

Konsultasi Dokter: Vagina Gatal

Dok, akhir-akhir ini daerah bibir vagina saya terasa gatal. Bila digaruk akan semakin gatal dan pedih. Bahkan, setelah itu ada cairan yang menyebabkan permukaan menjadi gatal. Vagina saya tampak kemerahan dan ada bintil-bintil samar (seperti biduran). Apakah itu memang biduran? Kondisi ini terjadi setelah bulan lalu saya mengalami biduran di seluruh tubuh saya. Meski sembuh setelah diobati, kok vagina saya tetap saja gatal?

Saya pernah dengar tentang produk vagina douche untuk membersihkan vagina dari seorang pramuniaga di departemen store. Apakah produk semacam itu bisa dipergunakan untuk penyakit saya ini dok? Dalam kondisi seperti apa seorang perempuan boleh menggunakan produk vagina douche? Apa saja dampak negatif dari produk tersebut ?

Ibu W – Jl Tebet Timur, Jakarta Selatan

Jawaban Dokter Boyke:

dokter boyke vagina gatal

dr.Boyke Dian Nugraha, SpOg

Gatal-gatal pada vagina dapat menimbulkan keputihan dan penyebabnya bisa karena infeksi, ataupun karena alergi. Adanya bintil-bintil kemerahan menandakan bahwa kulit vagina anda mengalami alergi dan infeksi. Biasanya paling sering di Indonesia adalah infeksi oleh jamur.

Biduran seluruh tubuh yang terjadi pada diri anda, biasanya disebabkan oleh reaksi alergi pada tubuh (misalnya makan udang, keracunan makanan dan lain-lain), akibatnya vagina pun terkena dampaknya, namun karena darah vagina sangat sensitif ditambah dengan adanya infeksi jamur maka gatal vagina menjadi berkepanjangan.

Penggunaan vaginal douche sebaiknya dikonsultasikan dengan dokter, karena antiseptik yang terkandung dalam larutan untuk vaginal douche dapat membunuh mikroorgasme yang baik (yang dibutuhkan oleh tubuh) untuk menjaga keasaman vagina. Jika tidak ada indikasi, sebaiknya tidak dilakukan vaginal douche. Jika tetap dilakukan, dapat mengakibatkan vagina semakin kering dan semakin mudah terkena infeksi.

Sumber : Suara Karya – Kumpulan Konsultasi SEKS dr Boyke

Produk-2 rekomendasi RESMI dan LEGAL dari BOYKE DIAN NUGRAHA

Klik salah satu produk yang Anda butuhkan di bawah ini :

FOREDI untuk mengatasi ejakulasi dini

TISU DOUBLE MAJAKANI untuk mengatasi keputihan, bau tak sedap, jamur, dsb.

LADYFEM untuk mengatasi nyeri haid, menormalkan siklus haid, dsb.

ORIS BREAST CREAM yaitu krim untuk mengencangkan payudara

FIFORLIF untuk membuang lemak, membersihkan usus dan menurunkan berat badan

Video pernyataan langsung BOYKE (Pakar Kesehatan Reproduksi)

Tulisan ini dipublikasikan di Konsultasi Dokter Boyke dan tag , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , . Tandai permalink.

4 Respon untuk Vagina Gatal – Tanya dr.Boyke

  1. ranti berkata:

    Dok, saya prempuan berumur 27tahun bulan kemarin saya baru punya penyakit kista yang berukrn 4,7 cm. Apakah boleh berhubungan atau tidak dok. Dan apakah saya masih bisa punya anak?? karena sampai saat ini saya masíh berobat jalan.

  2. lusipuspita93 berkata:

    gatal-gatal di kemaluan memang sangat mengganggu…

  3. Diana berkata:

    Dok,sya mau tanya klo ad bintil didalam vagina itu knpa iya dok,awalnya hanya satu trus skrg bertambah lagi jumlahnya tpi tdak sakit,sya takut dok penyakit ap ini apalgi sya sdag hamil 11 minggu

  4. Nia berkata:

    Dok kalo pada bagian selangkangan terasa gatal apa yang harus dilakukan untuk penyembuhannya,, saya takut terjadi apa apa

Tinggalkan Balasan